Entri Populer

Selasa, 15 April 2014

SRIKAYA, KECANTIKAN DAN KESEHATAN

Bagi masyarakat Indonesia apalagi penghuni perdos dan sekitarnya buah srikaya sudah sangat dikenal dari jaman dulu disamping rasanya yang manis buah ini juga sangat mudah dijumpai baik di pasar maupun supermarket, hampir di setiap rumah yang berada di pedesaan pasti membudidayakan tanaman jenis ini karena banyak mengandung khasiat yang berguna bagi kesehatan tubuh kita (kalo diperdos dan sekitarnya sih tumbuh liar, lumayanlah gretongan). srikaya termasuk pohon buah-buahan kecil yang tumbuh di tanah berbatu, kering, dan terkena cahaya matahari langsung (Palu buanget nih, mewakili lah). Tumbuhan yang asalnya dari Hindia Barat ini akan berbuah setelah berumur 3-5 tahun. Srikaya sering ditanam di pekarangan, dibudidayakan, atau tumbuh liar, dan bisa ditemukan sampai ketinggian 800 m depan rumah gue yang diperdos juga ada kok.. suer gak boong :). Nih baca seputaran srikaya atau srimiskin atau apalah, jangan lupa baca footnote nya juga ya....

Sifat dan Khasiat Srikaya
Akar rasanya pahit, sifatnya dingin. Berkhasiat antiradang, antidepresi. Daun rasanya pahit, kelat, sifatnya sedikit dingin. Berkhasiat astringen, antiradang, peluruh cacing usus (antheimintik), serta mempercepat pemasakan bisul dan abses. Biji berkhasiat memacu enzim pencernaan, abortivum, anthelmintik, dan pembunuh serangga (insektisida). Kulit kayu berkhasiat astringen dan tonikum. Buah muda dan biji juga berkhasiat antiparasit.

Kandungan Kimia
Akar dan kulit kayu mengandung flavonoida, borneol, kamphor, terpene, dan alkaloid anonain. Di samping itu, akarnya juga mengandung saponin, tanin, dan polifenol. Biji mengandung minyak, resin, dan bahan beracun yang bersifat iritan. Buah mengandung asam amino, gula buah, dan mucilago. Buah muda mengandung tanin. Bagian yang Digunakan Bagian tanaman yang dapat digunakan sebagai obat, yaitu daun, akar, buah, kulit kayu, dan bijinya.

Berikut adalah beberapa manfaat daun srikaya yang baik untuk kesehatan tubuh kita :
1. Sebagai obat antiradang.
2. Mengobati penyakit batuk ringan.
3. Menyembuhkan demam.
4. Meredakan nyeri reumatik.
5. Membantu menurunkan kadar asam urat.
6. Mengobati diare.
7. Mengobati disentri.
8. Membantu melancarkan pencernaan.
9. Menyembuhkan flu.

Nah, itulah beberapa khasiat daun srikaya yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Untuk itu, bagi anda yang memiliki gejala penyakit seperti di atas bisa memanfaatkan daun srikaya. jangan kayak warga perdos yang gak manfaatin srikaya (sebagian besar, tp ada juga kok yang manfaatin, contohnya aku).

Biji digunakan untuk mengatasi:
  • pencernaan lemah,
  • cacingan, dan
  • mematikan kutu kepala dan serangga.

Buah muda digunakan untuk mengatasi:
  • diare, disentni akut, dan
  • gangguan pencernaan (atonik dispepsia).

Akar digunakan untuk mengatasi: 
  • sembelit,
  • disentri akut,
  • depresi mental, dan
  • nyeri tulang punggung.

Kulit kayu digunakan untuk mengatasi:
  • diare, disentri, dan
  • luka berdarah.
 Nah tu dia hubungan antara srikaya dan seperangkatnya dengan kesehatan. selain itu ada pula manfaat srikaya dengan kecantikan, kalo aku sih cantik udah dari sononya cuma srikaya yang membantu merawat kecantikanku (hehehe lebaynya gue aja). Simak yuk manfaat srikaya untuk kecantikan :)

Srikaya menyimpan sejuta khasiat kesehatan. Buah yang juga disebut sebagai custard apel atau sugar apple oleh pelaut Inggris ini, salah satunya bermanfaat untuk kecantikan.

Srikaya mengandung antioksidan, seperti vitamin C, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Kalium tinggi dan magnesium yang terkandung dalam buah ini juga bisa melindungi Anda dari serangan penyakit jantung, seperti dikutip dari laman Times of India.

Jika ingin mempercantik kulit secara alami, konsumsilah srikaya secara rutin. Buah ini mengandung vitamin A yang bermanfaat untuk menjaga kulit, kesehatan rambut, serta meningkatkan fungsi mata.

Tidak hanya itu, buah yang biasa dijadikan selai dalam roti ini ternyata juga berkhasiat untuk mengontrol tekanan darah dan membantu menormalkan fungsi pencernaan, menyembuhkan sembelit, dan mengobati diare serta disentri.

Itu sebabnya, sangat penting untuk menyertakan buah ini dalam diet harian Anda. Buah ini mengandung magnesium yang tinggi, mampu menyeimbangkan air dalam tubuh, membantu menghilangkan asam dari sendi dan mengurangi gejala rematik serta radang sendi.

Bila sering mengalami kelelahan yang berlebihan, Anda bisa mengonsumsi srikaya. Sebab, kalium yang terkandung di dalamnya dapat membantu melawan kelemahan otot.

Buah ini juga bermanfaat untuk orang yang menderita anemia, karena buah ini tinggi kalori. Dan jika Anda ingin menambah berat badan, tak ada salahnya mengonsumsi srikaya secara rutin. Srikaya terkenal dengan kandungan gula alami, untuk itu baik jika buah ini dijadikan camilan atau hidangan penutup Anda.

Catatan  
  • Ibu hamil dilarang minum rebusan biji buah srikaya.
  • Hati-hati jika minum rebusan biji, kulit kayu, dan akar srikaya karena mengandung racun.
  • Hanya digunakan dibawah pengawasan herbalis berpengalaman.
 Dikutip dari:
https://www.facebook.com/notes/kesehatan-wanita/khasiat-buah-srikaya/113962188657101
https://www.facebook.com/CantikTanpaKosmetik/posts/10151296280724259
http://lendez-infoterkini.blogspot.com/2011/03/keajaiban-buah-srikaya.html

Tidak ada komentar: