Entri Populer

Rabu, 24 April 2013

belajar bahasa inggris (conversation)

English conversation 7 : Informal and formal introducing

Latihan percakapan di posting hari ini, nampaknya agak mundur ke belakang, karena saya akan sharingkan tentang percakapan seputar perkenalan, salam dsb. Sengaja saya posting hal ini untuk memberikan dasar percakapan yang sederhana dan berguna untuk setiap pertemuan, baik di pertemuan formal atau informal.

1.Memperkenalkan diri (Introduce yourself) 

Percakapan informal :
  • Hi, I am ......
  • Hello, my name is ......
Percakapan formal :
  • Hello, I don't think we've met. Let me introduce myself. My name is ....
  • Good Morning / afternoon / evening. Allow me to introduce myself. My name is .....
2. Memperkenalkan orang lain (Introduce someone else)
Percakapan informal :
  • This is my (nephew, brother, tacher, father, etc) .............(name)
Percakapan formal :
  • May I introduce my colleague ..........(name)
  • Allow me to introduce my colleague ............(name)
  • I would like you to meet my colleague, ...............(name)
3. Menjawab sebuah perkenalan (What we say after introduction)
Percakapan informal :
  • Hi....., nice to meet you >>>>> answer : nice to meet you too
  • Hello.....Iam happy to meet you >>>>> answer : Lovely to meet you too
Percakapan formal :
  • How do you do ..........>>>>> answer : How do you do
  • It's a pleasure to meet you ......>>>>> answer : I am very pleased to meet you.
4. Menyapa seseorang yang sebelumnya telah diperkenalkan (How to greet someone you know)
Percakapan informal : 
  • Hi ......how are you ? >>>>> answer : Fine thank, and you ?
  • Hello..... How are you doing ? >>>>> answer : Great, thanks. How about you ?
Percakapan formal :
  • Good morning ........How are you today ? >>>>> answer : I am very well, thank you. And you ?
  • Hello ....... It's nice to see you again. >>>>> answer : And you.
pada contoh percakapan formal di atas terdapat dua kata "and you". Yang pertama menggunakan tanda tanya yang mengembalikan pertanyaan, sedangkan yang ke dua tidak memakai tanda tanya, karena pernyataannya adalah "it's nice to see you again" dan jawabannya adalah sebuah pernyataan : And you.artinya : demikian juga saya.
5. Mengucapkan salam ketika hendak berpisah.
Percakapan informal :
  • I must go. Catch you later. >>>>> answer : see you later. Bye
  • I'll be off now. Speak to you later.>>>>> answer : Sure, take care.
Percakapan formal :
  • Goodbye. It has been a pelasure meeting you. >>>>> answer : The pleasure is mine. I hope to see you again soon.
  • I must be on my way. It was nice seeing you again.>>>>> answer : Likewise. I look orward to seeing you again soon.
Lakukan latihan dan gunakan sesering mungkin, untuk membuat anda menjadi trampil coba susun 5 bentuk percakapan di atas baik yang informal atau formal menjadi sebuah percakapan utuh. Mulai dari memperkenalkan diri, kemudian memperkenalkan teman, dst. 
Selamat berlatih.
Nb : tanda titik-titik selalu berisi sebuah nama. 

Minggu, 21 April 2013

BOMBER BOSTON (Dzhokhar Tsarnaev), GANTENG-GANTENG KOK JADI TERORIS??

Headline
Boston- Bomber Boston, Dzhokhar Tsarnaev (19 tahun) tergolongan pria yang kalem. Usai beraksi meledakkan bom di Boston Marathon, Senin (15/4/2013), ia masih sempat pergi ke kampus dan menghadiri pesta.
CNN memberitakan, setiap hari sejak pengeboman itu, Dzhokhar selalu datang ke kampusnya di University of Massachussetts-Dartmout. Menurut seorang mahasiswa satu kelasnya, Dzhokhar dengan santainya datang ke pesta teman kelasnya di asrama, padahal saat itu warga Boston tengah mengurung diri di rumah sesuai perintah polisi karena polisi tengah melakukan perburuan.
Pada Rabu malam atau dua hari sebelum tertangkap, peraih beasiswa Cambridge itu datang ke pesta atas undangan temannya dari klub sepakbola. “Dia santai sekali,” ujar temannya yang menolak disebutkan namanya.
Di asrama tempat dia tinggal, kawan-kawan Dzhokhar sempat bercanda dengannya ketika mereka melihat foto yang disebarkan FBI di televisi. “Kami bercanda, bilang padanya bahwa foto itu mirip Dzhokhar. Tapi kami yakin itu tentu bukan dia,” ujar Pamala Rolon.
Dzhokhar kemudian diringkus saat bersembunyi di sebuah perahu di belakang rumah seorang warga di Watertown, pinggiran Boston, Jumat (19/4/2013) malam. Sedangkan bomber satunya lagi yang juga kakaknya, Tamerlan Tsarnaev ditembak mati sehari sebelumnya dalam baku tembak. [tjs]

Kamis, 18 April 2013

CERITA LUCU SUPER JUNIOR

Super junior pun hanyalah manusia biasa yang suka dengan kelucuan dengan hiburan diantara personilnya. Cerita lucu super junior ini bisa menjadi hal yang menarik di hari ini untuk anda menjelang hari libur di minggu ini. Dibawah ini merupakan beberapa kumpulan cerita lucu personil super junior yang tidak kalah menariknya dengan orang yang suka komedi.


Balas Dendam Terlalu Berlebih Heechul
diantara fans, heechul dikenal sebagai “4d” (didalam bhs korea, perihal ini menunjuk pada seseorang yang menyebutkan dirinya serta pendapatnya dengan gak terduga). Ada kondisi “heechul-ish” yang berjalan pada fans serta heechul. Seorang fans menyemprot heechul dengan pistol air (barangkali kemungkinan sepanjang ss2 gara-gara nampaknya tak ada permainan senjata air sepanjang ss1).

Umumnya, model reaksi yang kalian hendaki dari seseorang yang disemprot dengan pistol air layaknya “hentikan ” atau “tunggu!” saat tengah memburu fans, namun pembalasan 4d heechul merupakan surprise.
Apa yang dia sudah buat persiapan untuk fans yang sudah menembak dirinya dengan pistol air-nya? dia mengambil air minum botol 2 liter serta bikin basah kuyup dengan itu ! *he is more pabo*

Imbuhkan, dia terkekeh dari jauh di menyaksikan fans sungguh-sungguh basah kuyup. Fans itu mesti udah sungguh-sungguh terperanjat, makin basah kuyup satu diantara wujud fashion. Tetapi sungguh-sungguh, itu merupakan perihal yang nakal serta heechul melaksanakannya. Apa itu? apa kalian juga berkata pingin disiram hingga basah kuyup layaknya itu juga?

Eunhyuk Funny Stories
Dua orang gadis jalan di chungdam selagi mereka menyaksikan seorang pria yang tampak sama eunhyuk jalan di depan mereka. satu diantara gadis tersebut berkata, “oh yeah, eunhyuk dari super junior berapa tingginya?” 173? 174 ? 176 ?” pria tersebut hampiri “176″ ; ; lantas jalan pergi.  Ya kau benar, pria itu merupakan eunhyuk.  Selagi promosi pajama party, eunhyuk, yang udah lengkap dengan kostum panggungnya (dengan rambut ditata, make-up serta seluruhnya) duduk di area tunggulah sembari konsumsi es cream. Satu diantara staff yang baru datang kepadanya serta ajukan pertanyaan di mana orang tuanya.

Donghae Funny Story
Kembali pada waktu donghae memliki rambut panjang, beberapa fasnya tetap berharap biar dia memotong rambutnya. satu selagi di airport, fansnya bersua dengannya serta berkata biar dia memotong rambutnya. Donghae kesal serta berteriak, “tetapi saya udah! saya udah memotong rambutku ! saya baru memotongnya pagi ini ! saya udah memotong rambutku ! udah!”

Lihatlah Heechul
Lee soo man, pimpinan s.m. entertainment punya citra yang agak jelek di kelompok umur fans. Untuk seluruh perlindungan yang dikerjakan godok (bhs apa ini? churn dari grup-grup layaknya hot, shinhwa, dbsk serta super junior yang sudah jadi superstar dan serta bikin industri musik korea lebih tenar, fans tidak punyai kesan yang benar-benar baik padanya.

Anehnya, super junior fans terus berterima kasih kepadanya. Apakah gara-gara ia menciptakan super junior? apakah gara-gara ia membiarkan kapabilitas individual mereka bercahaya langkah'>melalui langkahnya? tidak, itu tidak layaknya yang dijelaskan diatas. Tampaknya itu gara-gara “mereka terima heechul 4d di dalam group”.

Menurut pelatih vokal mereka (yang juga pelatih penulis), moon yong ho, apalagi sepanjang hari trainee nya, heechul udah benar-benar blak-blakan, dan serta punyai banyak ide-ide radikal, yang sering kali berikan lee soo man sakit kepala. Untuk berpikir bahwa fans dapat berterima kasih pada lee soo man gara-gara ini.
Semoga informasi mengenai cerita lucu super junior terbaru ini dapat bermanfaat dan bisa menjadi salah satu alat untuk hiburan saja. Untuk para fans super junior pun hal ini bisa menjadi hiburan semata dengan apa yang ada pada cerita diatas. Untuk cerita cerita selanjutnya akan admin naylacorp.com post di lain waktu dan dilain kesempatan untuk menambah berita informasi mengenai super junior.

Konser Super Junior dan SS501 di Jakarta Digelar Tanggal 1 dan 2 Juni


Selasa, 16 April 2013 23:00 | 

Super Junior

 | Tag: ELF Super Junior Indonesia, K-Pop
Kapanlagi.com - Konser Super Junior Super Show 5 akhirnya dikonfirmasi bakal hadir di Indonesia. Super Junior bakal kembali menyapa ELF di Mata Elang International Stadium, tepatnya tanggal 1 dan 2 Juni 2013. Konfirmasi resmi ini diungkap melalui twitter promotor Dyandra Entertaiment. Super Show adalah tajuk tur tunggal boyband Super Junior dan telah digelar sejak tahun 2008 silam.
Resmi Super Show 5 di Jakarta kali ini digelar tanggal 1 dan 2 Juni.
"[CONFIRMED] #SuperShow5JKT June 1st and 2nd at MEIS Ancol Jakarta, more info follow us!!!," tulis akun @DyandraEnt, Selasa (16/04).
Selain di Korea, gelaran kelima Super Show dikonfirmasi digelar di negara Amerika Latin yaitu Brazil, Argentina, Chile dan Peru. Kehadiran Super Junior di Indonesia tentu sudah ditunggu-tunggu oleh ELF. (kpl/sjw)

Lihat profil: Super Junior Diposting oleh: Editor |


Obrolan Super Junior, Eunhyuk 'Hewan Peliharaan' Donghae?

Senin, 15 April 2013 18:51 | 

Super Junior

 | Tag: K-Pop, ELF Super Junior Indonesia
Kapanlagi.com - Di tengah kesibukan aktifitas mereka sebagai member Super Junior, dua orang dancer utama yakni Eunhyuk dan Donghae rupanya masih sempat bercanda melalui Twitter.Kedua member yang memang dikenal cukup dekat satu sama lain ini bahkan melakukan obrolan lucu melalui akun Twitter masing-masing. Senin (15/4) sore, baik Donghae maupun Eunhyuk saling 'ejek' di hadapan ELF mereka.
Diawali oleh postingan Donghae, "Aku baru saja kembali dari China. Semoga hari kalian menyenangkan!! Ini adalah hewan peliharaanku!!" paparnya melalui @donghae861015.
@donghae861015
Meski terdengar biasa, namun ELF mendadak tertawa ketika mengetahui foto yang diposting Donghae melalui Twitternya. Dalam foto itu, Donghae memposting sosok tokoh terkenal China yakni kera sakti namun berwajah Eunhyuk yang sudah diedit. Hal ini tak aneh karena Eunhyuk memang seringkali dikenal dengan julukan monyet.
@AllRiseSilver
Seakan tak mau kalah dengan rekannya, Eunhyuk juga memposting tak lama, "Ini adalah robotku," beserta sebuah foto editan Donghae berwajah jadul layaknya robot. Hmm ELF, bagaimana menurutmu kedua idola kalian ini? (kpl/aia)

Lihat profil: Lee Donghae, Eunhyuk, Super Junior Diposting oleh: Editor |


Yesung Super Junior Menangis Jelang Wajib Militer?

Jum'at, 12 April 2013 19:01 | 

Super Junior

 | Tag: ELF Super Junior Indonesia, K-Pop
Kapanlagi.com - Keputusan vokalis utama Super Junior yakni Yesung untuk masuk militer pada 6 Mei 2013 rupanya tak hanya membuat sedih seluruh ELF, namun juga Yesung sendiri. Bahkan melalui Twitter pribadinya pada Jumat (12/4), @shfly3424, pelantun lagu It Has to Be You ini mengungkapkan rasa sedihnya dengan memposting sebuah foto yang menampilkan wajahnya dengan ekspresi sedih.
@shfly3424
Yesung menulis, "Maaf harus meninggalkan kalian, Amerika Selatan!! Dan seluruh ELF-ku tercinta :) Tapi, tunggu aku. Aku pasti akan ada di sana suatu hari nanti!!!"
@shfly3424
Yesung sendiri dijadwalkan akan menjalani wajib militer sebagai prajurit aktif selama 23 bulan. Diperkirakan dirinya akan kembali menjalani aktifitas bersama Super Junior pada tahun 2015 nanti.
Sejauh ini member Super Junior yang sudah menjalani wajib militer adalah Kangin dan yang sedang melakukan adalah leader Leeteuk dan Heechul. Heechul sendiri dijadwalkan selesai wajib militer pada tahun ini. (kpl/aia)

Lihat profil: Yesung, Super Junior, Kangin, Leeteuk, Kim Heechul Diposting oleh: Editor |


6 Mei 2013, Yesung Super Junior Jalani Wajib Militer!

Jum'at, 12 April 2013 14:41 | 

Super Junior

 | Tag: ELF Super Junior Indonesia, K-Pop
Kapanlagi.com - Jumat (12/4) pagi ini hampir seluruh ELF dikejutkan dengan kabar bahwa Yesung, vokalis utama Super Junior resmi memulai jadwal wajib militer dirinya di awal bulan Mei mendatang. Menurut laporan kantor berita lokal, Yesung akan masuk militer pada 6 Mei 2013. Yesung akan bergabung dengan Divisi 35 di Jeonju, di mana dirinya akan menerima pelatihan militer selama 4 minggu. Setelah itu Yesung akan menjalani wajib militer selama 23 bulan sebagai prajurit aktif.
Berita juga menyebutkan bahwa pengumuman mengenai tanggal resmi wajib militer Yesung ini dijadwalkan di antara jadwalnya yang kosong. Dengan masuknya Yesung ke militer, maka dirinya tidak akan menyelesaikan jadwal konser tur global Super Junior, Super Show 5 (SS5).
Sejauh ini SS5 sudah akan digelar di empat negara di Amerika Selatan di akhir April, lalu di Jepang pada bulan Juli dan digelar di China serta Eropa pada akhir tahun nanti meskipun sampai saat ini belum resmi diumumkan seperti dilansir soompi.com.
Sementara itu, kabar jadwal wajib militer Yesung yang begitu mendadak ini sangat mengejutkan media dan ELF secara global lantaran Yesung ingin masuk ke militer secara diam-diam dan tanpa ada event spesial. Bagaimana menurutmu ELF? (soompi.com/aia)

Lihat profil: Yesung, Super Junior Diposting oleh: Editor |


Siwon SuJu Ulang Tahun, Agnes Monica Beri Ucapan Spesial!

Senin, 08 April 2013 15:41 | 

Super Junior

 | Tag: ELF Super Junior Indonesia, K-Pop, Ulang Tahun Selebritis, The Supertalented Agnes Monica
Kapanlagi.com - Bulan April menjadi salah satu bulan yang dinantikan oleh ELF. Karena ada tiga member Super Junior yang berulang tahun yakni Eunhyuk (4 April), Choi Siwon (7 April) dan Zhoumi (19 April).Setelah ulang tahun Eunhyuk, pada Minggu (7/4) kemarin, ELF kembali menguasai Twitter lantaran Siwon berulang tahun yang ke-27. Sehingga topik #HappySiwonDay sempat bertahan lama menjadi Trending Topic World Wide dan semua pemakai Twitter paham jika Siwon berulang tahun.
Namun rupanya tak hanya ELF yang memberikan ungkapan ulang tahun untuk oppa mereka, penyanyi cantik Agnes Monica yang dikabarkan dekat dengan Siwon juga memberikan ucapan ulang tahun.
@agnezmo
Melalui akun Twitternya @agnezmo, Agnes menulis pada Senin (8/4), "Selamat ulang tahun @siwon407! Kau sangat spesial dan diberkati (Peluk :)) Tetap memberikan kebahagiaan untuk orang lain!"
@siwon407
Meski belum membalas ucapan ulang tahun dari Agnes, Siwon mengungkapkan kebahagiannya kepada seluruh ELF. Kini Siwon sedang menghabiskan liburannya di Yerussalem, Israel. (kpl/aia)

Lihat profil: Choi Siwon, Agnes Monica, Super Junior Diposting oleh: Editor |


Fan Meeting, Kibum Super Junior Hadirkan 3.000 Fans di Thailand

Jum'at, 05 April 2013 18:31 | 

Super Junior

 | Tag: K-Pop, Drama Korea, ELF Super Junior Indonesia
Kapanlagi.com - Member Super Junior yang kini sedang tidak aktif dalam aktivitas grup lantaran kesibukannya di dunia akting yakni Kim Kibum baru-baru ini menggelar fan meeting di Bangkok, Thailand.Fan meeting yang digelar Minggu (31/3) itu berhasil mendatangkan 3.000 fans Kibum di Thailand, termasuk juga ELF. Bahkan sebelum dilaksanakan, pada 28 Maret, ratusan fans menanti kedatangan Kibum di bandara Suwannaphum.
Kibum sukses menghadirkan 3.000 orang dalam fan meeting di Thailand ©soompi.com
Menurut perwakilan lokal, tiket fan meeting untuk Kibum sudah terjual ludes hanya dalam waktu lima menit, membuktikan tingginya popularitas Kibum meski dirinya sudah tiga tahun tak aktif sebagai member Super Junior.
Bahkan Kibum sempat meneteskan air mata lantaran dukungan fans yang sebagian besar ELF itu begitu luar biasa. Mereka bahkan membuat sebuah tulisan bertuliskan, "Kami berjanji akan tetap mendukungmu selamanya," seperti dilansir soompi.com.
Jika Super Junior siap untuk menggelar konser dunia Super Show 5, maka Kibum baru-baru saja selesai melakukan syuting untuk drama bela diri China, Tian Long Ba Bu. (soompi.com/aia)

Kamis, 21 Maret 2013

ETIKA BERBISNIS DAN MANFAATNYA

ETIKA BISNIS
Etika merupakan suatu ilmu tentang apa yang baik dan yang buruk, tentang hak dan kewajiban moral. Etika tidak mempersoalkan keadaan manusia, melainkan mempersoalkan bagaimana manusia harus bertindak. Tindakan manusia ini ditentukan oleh bermacam-macam norma. Norma ini masih dibagi lagi menjadi norma hukum, norma agama, norma moral dan norma sopan santun.
Dalam lingkungan bisnis yang semakin kompetitif sekarang ini seringkali kita bisa dengan mudah menyebut tentang etika dalam bisnis dan tanpa kita sadari bahwa hal itu dewasa ini sepertinya kurang lagi diwujudkan dalam kegiatan Bisnis. Dalam dunia bisnis sekarang ini seseorang nampak tidak lagi memperhatikan etika justru ia semakin menjatuhkan lawannya dengan berbagai cara guna mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya. atau untuk mendapatkan promosi jabatan dan terkadang untuk tetap dapat menduduki suatu jabatan yang mereka inginkan. Tanpa pandang kawan mereka menganggap semua lawan. Sejatinya Lingkungan bisnis yang mempunyai perilaku etika. Dalam menciptakan etika bisnis, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain yaitu pengendalian diri, pengembangan tanggung jawab sosial, mempertahankan jati diri, menciptakan persaingan yang sehat, menerapkan konsep pembangunan tanggung jawab sosial, mempertahankan jati diri, menciptakan persaingan yang sehat, menerapkan konsep pembangunan yang berkelanjutan, menghindari sikap 5K (Katabelece, Kongkalikong, Koneksi, Kolusi, dan Komisi) mampu mengatakan yang benar itu benar, dll. Tetapi untuk saat ini sepertinya hal – hal tersebut kurang untuk disadari apalagi dilakukan.
Dengan adanya moral dan etika dalam dunia bisnis, serta kesadaran semua pihak untuk melaksanakannya, kita yakin jurang itu dapat dikurangi, serta kita optimis salah satu kendala dalam menghadapi era globalisasi dapat diatasi.karena dengan adanya moral dan etika seseorang dapat lebih mengendalikan dirinya untuk tidak berbuat yang tidak seharusnya dilakukan dan dapat bersaing dalam kegiatan bisnisnya masing-masing secara sehat. Moral sendiri itu artinya merupakan sesuatu yang mendorong orang untuk melakukan kebaikan etika bertindak sebagai rambu-rambu (sign) yang merupakan kesepakatan secara rela dari semua anggota suatu kelompok. Dunia bisnis yang bermoral akan mampu mengembangkan etika (patokan/rambu-rambu) yang menjamin kegiatan bisnis yang seimbang, selaras, dan serasi. Etika sebagai rambu-rambu dalam suatu kelompok masyarakat akan dapat membimbing dan mengingatkan anggotanya kepada suatu tindakan yang terpuji (good conduct) yang harus selalu dipatuhi dan dilaksanakan. Etika di dalam bisnis sudah tentu harus disepakati oleh orang-orang yang berada dalam kelompok bisnis serta kelompok yang terkait lainnya. Dengan ini semua pelaku bisnis dapat menjalankan kegiatan bisnisnya secara aman tanpa harus berbuant curang. Karena mereka dapat menyadari peraturan-peraturan yang harus mereka taati. Coba bisa dibayangkan bila semua pelaku bisnis tidak memiliki etika dalam berbisnis? Sungguh akan menghasilkan suatu usaha (bisnis) yang bersifat saling menjatuhkan dan tidak berpendidikan. Contoh penerapan etika dan moral dalam lingkungan Bisnis :
•    saat menjelang hari raya, para anggota DPR dilarang menerima bingkisan dalam bentuk apapun(pengendalian diri)
•    Pada saat ramadhan, pelaku bisnis mengadakan santunan kepada anak yatim (Pengembangan tanggung jawab sosial)
•    menciptakan sebuah perencanaan yang akan digunakan dalam memajukan dunia bisnis kedepannya(menerapkan konsep"pembangunan berkelanjutan")
•    Menaati segala peraturan yang telah ditetapkan perusahaan dan menjalankannya dengan sebaik mungkin (konsekuen dan konsisten dengan aturan mainyang telah disepakati bersama)
Contoh penerapan moral dalam dunia Bisnis adalah :
•    bersaing secara sehat untuk mencapai target bisnis
•    bagi pemilik bisnis harus memperhatikan kesejahteraan karyawan ataupun golongan rendah
•    Tidak mudah tergoda oleh bujukan-bujukan yang cenderung merugikan dunia bisnis
Dunia bisnis yang bermoral akan mampu mengembangkan etika (patokan/rambu rambu) yang menjamin kegiatan bisnis yang seimbang, selaras, dan serasi. Dalam bisnis salah satu  etika yang diperlukan hanya sikap baik dan sopan kepada pemegang saham. Fokus itu membuat perusahaan yang berfikir pendek dengan segala cara berupa melakukan hal – hal yang bisa meningkatkan keuntungan. Kompetitif semakin ketat dan konsumen yang kian rewel sering menjadi factor pemicu perusahaan mengabaikan etika dalam berbisnis. Perusahaan lebih mengutamakan keuntungan semata seharusnya mereka berpikir bahwa jika ingin kelanjutan usahanya itu perusahaan harus memiliki hubungan yang baik dengan partner bisnisnya. Perusahaan akan lebih cepat berkembang jika ia bisa menjaga hubungan baik, memelihara persaingan yang sehat, dan itu semua adalah hal yang sangat penting yang berhubungan dengan etika dalam bisnis. Yang seharusnya perusahaan – perusahaan itu bisa menerapkannya demi kelangsungan usahanya.
Di akui bahwa sepanjang sejarah kegiatan perdagangan atau bisnis tidak pernah luput dari sorotan etika. Perhatian etika untuk bisnis dapat dikatakan seumur dengan bisnis itu sendiri. Perbuatan menipu dalam bisnis , mengurangi timbangan atau takaran, berbohong merupakan contoh-contoh kongkrit adanya hubungan antara etika dan bisnis. Namun dengan demikian bila menyimak etika bisnis sperti dikaji dan dipraktekan sekarang, tidak bisa disangkal bahwa terdapat fenomena baru dimana etika bisnis mendapat perhatian yang besar dan intensif sampai menjadi status sebagai bidang kajian ilmiah yang berdiri sendiri. Karena masih rendahnya kesadaran untuk etika bisnis itu sendiri sehingga kegiatan bisnis saat ini masih bisa terdapat kecurangan-kecurangan dan Pihak yang paling dirugikan disini adalah Konsumen itu sendiri yang mengkonsumsi produk dari perusahaan tersebut. Seharusnya pelaku bisnis menyadari bahwa perbuatan curang itu suatu saat dapat merugikan dirinya sendiri dan perusahaannya sendiri.
Untuk itu disini kita dapat menyimpulkan bahwa ada hubungan saling ketergantungan antara bisnis dan masyarakat. Mungkin banyak masyarakat atau orang awam yang bilang bahwa dalam bisnis kita tidak memerlukan etika. Itu karena mereka hanya berpikir keuntungan semata dan urusan etika hanya berlaku di masyarakat yang memiliki kultur budaya yang kuat. Ataupun etika hanya menjadi wilayah pribadi seseorang. Tetapi pada kenyataannya etika tetap saja masih berlaku dan banyak diterapkan di masyarakat itu sendiri.
 dalam dunia bisnis banyak terjadinya interaksi-interaksi anatara pelaku bisnis didalamnya sehingga terkadang bisa saja memicu terjadinya konflik. Oleh sebab itu apabila kita menjalankan suatu kegiatan bisnis yang sehat dengan mengamalkan etika dalam berbisnis tentu dapat memperkecil pemicu konflik tersebut. Dan etika dalam berbisnis ini juga bisa sebagai alat kontrol sosial adalah sebuah pengendalian diri didalam pelaku-pelaku usaha bisnis dan selalu menjunjung tinggi kejujuran serta menjalin hubungan baik dengan sesama perusahaan lainnya. 
Contoh-contoh penerapan etika dalam kehidupan sehari-hari :
1.      Berkata jujur
2.      Bersikap dewasa dalam menghadapi masalah
3.      Ramah dalam berkomunikasi
4.      Menggunakan panggilan / sebutan orang dengan baik
5.      Menggunakan pesan bahasa yang efektif dan efisien
6.      Tidak mudah emosi / emosional
7.      Berinisiatif sebagai pembuka dialog
8.      Berbahasa yang baik, ramah dan sopan
9.      Menggunakan pakaian yang sesuai dengan norma kesopanan
10 Bertingkah laku yang baik 
Dalam suatu perusahaan, suatu etika bisnis dapat membentuk nilai, norma dan perilaku karyawan serta pimpinan dalam membangun hubungan yang adil dan sehat dengan pelanggan/mitra kerja, pemegang saham, masyarakat. Etika bisnis merupakan cara untuk melakukan kegiatan bisnis, yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan dan juga masyarakat.
Perusahaan meyakini prinsip bisnis yang baik adalah bisnis yang beretika, yakni bisnis dengan kinerja unggul dan berkesinambungan yang dijalankan dengan mentaati kaidah-kaidah etika sejalan dengan hukum dan peraturan yang berlaku.
Prinsip-prinsip Etika Bisnis
1. Prinsip otonomi
Otonomi adalah sikap dan kemampuan manusia untuk mengambil keputusan dan bertindak berdasarkan kesadaran sendiri tentang apa yang dianggapnya baik untuk dilakukan.
Orang yang otonom adalah orang yang bebas mengambil keputusan dan tindakan serta bertanggung jawab atas keputusan dan tindakannya tersebut
2. Prinsip Kejujuran
- Kejujuran dalam pemenuhan syarat-syarat perjanjian dan kontrak
- Kejujuran dalam penawaran barang dan jasa dengan mutu dan harga sebanding
- Kejujuran dalam hubungan kerja intern dalam suatu perusahaan
3. Prinsip Keadilan
Prinsip keadilan menuntut agar setiap orang diperlakukan secara sama sesuai dengan aturan yang adil dan sesuai dengan kriteria yang rasional objektif dan dapat dipertanggung jawabkan.
4. Prinsip Saling Menguntungkan
Prinsip ini menuntut agar bisnis dijalankan sedemikian rupa sehingga menguntungkan semua pihak.
Dalam bisnis yang kompetitif, prinsip ini menuntut agar persaingan bisnis haruslah melahirkan suatu win-win solution.
5. Prinsip Integritas Moral
Prinsip ini dihayati sebagai tuntutan internal dalam diri pelaku bisnis atau perusahaan agar dia menjalankan bisnis dengan tetap menjaga nama baiknya atau nama baik perusahaan
Dalam menciptakan etika bisnis, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain adalah:
1. Pengendalian diri
2. Pengembangan tanggung jawab sosial (social responsibility)
3.Mempertahankan jati diri dan tidak mudah untuk terombang-ambing oleh pesatnya perkembangan informasi dan teknologi
4. Menciptakan persaingan yang sehat
5. Menerapkan konsep “pembangunan berkelanjutan”
6. Menghindari sifat 5K (Katabelece, Kongkalikong, Koneksi, Kolusi, dan Komisi)
7. Mampu menyatakan yang benar itu benar
8. Menumbuhkan sikap saling percaya antara golongan pengusaha kuat dan golongan pengusaha ke bawah
9. Konsekuen dan konsisten dengan aturan main yang telah disepakati bersama
10. Menumbuhkembangkan kesadaran dan rasa memiliki terhadap apa yang telah disepakati
11. Perlu adanya sebagian etika bisnis yang dituangkan dalam suatu hokum positif yang berupa peraturan perundang-undangan 
Etika Bisnis yang Diterapkan
·      Contoh Pelanggaran Etika Bisnis
1.   Pelanggaran etika bisnis terhadap transparansi
Pada tahun ajaran baru, sebuah sekolah mengenakan biaya Rp 700.000 yang dibebankan kepada setiap siswa barunya. Sebelumnya, pihak sekolah tidak menginformasikan mengenai biaya ini sehingga membuat para siswa baru mau tidak mau harus membayarnya. Di sampintg itu, tidak ada penjelasan resmi mengenai arah penggunaan uang tersebut. Setelah diusut, ternyata uang itu akan dipergunakan untuk keperluan pribadi para gurunya. Dalam kasus ini pihak sekolah telah melanggar prinsip transparasi dalam beretika. 
2.   Pelanggaran etika bisnis terhadap akuntabilitas
Sebuah Rumah Sakit melalui pihak Pengurus mengumumkan kepada seluruh karyawan yang akan mendaftar PNS akan secara otomatis dinyatakan mengundurkan diri. Adhi sebagai salah seorang karyawan di RS itu mengabaikan pengumuman dari pihak pengurus karena menurut pendapatnya ia diangkat oleh Pengelola dalam hal ini direktur, sehingga segala hak dan kewajiban dia berhubungan dengan Pengelola bukan Pengurus. Pihak Pengelola sendiri tidak memberikan surat edaran resmi mengenai kebijakan tersebut. Karena sikapnya itu, Adhi akhirnya dinyatakan mengundurkan diri. Dari kasus ini RS itu dapat dikatakan melanggar prinsip akuntabilitas karena tidak ada kejelasan fungsi, pelaksanaan dan pertanggungjawaban antara Pengelola dan Pengurus Rumah Sakit.
3.   Pelanggaran etika bisnis terhadap prinsip empati
Seorang nasabah, sebut saja Y, dari perusahaan pembiayaan terlambat membayar angsuran mobil sesuai tanggal jatuh tempo karena anaknya sakit parah. Y sudah memberitahukan kepada pihak perusahaan tentang keterlambatannya membayar angsuran, namun tidak mendapatkan respon dari perusahaan. Beberapa minggu setelah jatuh tempo pihak perusahaan langsung mendatangi Y untuk menagih angsuran dan mengancam akan mengambil mobil yang masih diangsur itu. Pihak perusahaan menagih dengan cara yang tidak sopan dan melakukan tekanan psikologis kepada nasabah. Dalam kasus ini kita dapat mengakategorikan pihak perusahaan telah melakukan pelanggaran prinsip empati pada nasabah karena sebenarnya pihak perusahaan 
 

PERANAN ETIKA DALAM BISNIS

Etika Bisnis

Etika bisnis merupakan studi yang dikhususkan mengenai moral yang benar dan salah.
Studi ini berkonsentrasi pada standar moral sebagaimana diterapkan dalam kebijakan,
institusi, dan perilaku bisnis sehari-hari.
Etika bisnis adalah studi standar formal dan bagaimana standar itu diterapkan ke
dalam system dan organisasi yang digunakan masyarakat modern untuk memproduksi
dan mendistribusikan barang dan jasa dan diterapkan kepada orang-orang yang ada di
dalam organisasi.

Penerapan Etika pada Organisasi Perusahaan

Dapatkah pengertian moral seperti tanggung jawab, perbuatan yang salah dan kewajiban
diterapkan terhadap kelompok seperti perusahaan, ataukah pada orang (individu) sebagai
perilaku moral yang nyata?
Ada dua pandangan yang muncul atas masalah ini :
Pertama, adalah pandangan yang berpendapat bahwa, karena aturan yang
mengikat, organisasi memperbolehkan kita untuk mengatakan bahwa perusahaan
bertindak seperti individu dan memiliki tujuan yang disengaja atas apa yang mereka
lakukan, kita dapat mengatakan mereka bertanggung jawab secara moral untuk tindakan
mereka dan bahwa tindakan mereka adalah bermoral atau tidak bermoral dalam
pengertian yang sama yang dilakukan manusia.
Kedua, adalah pandangan filsuf yang berpendirian bahwa tidak masuk akal
berpikir bahwa organisasi bisnis secara moral bertanggung jawab karena ia gagal
mengikuti standar moral atau mengatakan bahwa organisasi memiliki kewajiban moral.
Organisasi bisnis sama seperti mesin yang anggotanya harus secara membabi buta
mentaati peraturan formal yang tidak ada kaitannya dengan moralitas. Akibatnya, lebih
tidak masuk akal untuk menganggap organisasi bertanggung jawab secara moral karena
ia gagal mengikuti standar moral daripada mengkritik organisasi seperti mesin yang gagal
bertindak secara moral.
Karena itu, tindakan perusahaan berasal dari pilihan dan tindakan individu manusia,
indivdu-individulah yang harus dipandang sebagai penjaga utama kewajiban moral dan
tanggung jawab moral : individu manusia bertanggung jawab atas apa yang dilakukan
perusahaan. karena tindakan perusahaan secara keseluruhan mengalir dari pilihan dan
perilaku mereka. Jika perusahaan bertindak keliru, kekeliruan itu disebabkan oleh pilihan
tindakan yang dilakukan oleh individu dalam perusahaan itu, jika perusahaan bertindak
secara moral, hal itu disebabkan oleh pilihan individu dalam perusahaan bertindak secara
bermoral.

Pentingnya Etika Dalam Berbisnis

Etika bisnis adalah standar-standar nilai yang menjadi pedoman atau acuan manajer dan segenap karyawan dalam pengambilan keputusan dan mengoperasikan bisnis yang etik. Paradigma etika dan bisnis adalah dunia yang berbeda sudah saatnya dirubah menjadi paradigma etika terkait dengan bisnis atau mensinergikan antara etika dengan laba. Justru di era kompetisi yang ketat ini, reputasi perusahaan yang baik yang dilandasi oleh etika bisnis merupakan sebuah competitive advantage yang sulit ditiru. Oleh karena itu, perilaku etik penting diperlukan untuk mencapai sukses jangka panjang dalam sebuah bisnis. Di dalam bisnis tidak jarang berlaku konsep tujuan menghalalkan segala cara. Bahkan tindakan yang berbau kriminal pun ditempuh demi pencapaian suatu tujuan. Kalau sudah demikian, pengusaha yang menjadi pengerak motor perekonomian akan berubah menjadi binatang ekonomi. Terjadinya perbuatan tercela dalam dunia bisnis tampaknya tidak menampakan kecenderungan tetapi sebaliknya, makin hari semakin meningkat.
Pentingnya etika bisnis tersebut berlaku untuk kedua perspektif, baik lingkup makro maupun mikro. Perspektif makro adalah pertumbuhan suatu negara tergantung pada market system yang berperan lebih efektif dan efisien daripada command system dalam mengalokasikan barang dan jasa. Perspektif mikro adalah dalam Iingkup ini perilaku etik identik dengan kepercayaan atau trust. Dalam menciptakan etika bisnis, Dalimunthe (2004) menganjurkan untuk memperhatikan beberapa hal sebagai berikut :
1. Pengendalian Diri
pelaku-pelaku bisnis mampu mengendalikan diri mereka masing-masing untuk tidak memperoleh apapun dari siapapun dan dalam bentuk apapun dengan jalan main curang atau memakan pihak lain dengan menggunakan keuntungan tersebut.
2. Pengembangan Tanggung Jawab Sosial (Social Responsibility)
Pelaku bisnis disini dituntut untuk peduli dengan keadaan masyarakat, bukan hanya dalam bentuk "uang" dengan jalan memberikan sumbangan, melainkan lebih kompleks lagi.
3. Mempertahankan Jati Diri
Mempertahankan jati diri dan tidak mudah untuk terombang-ambing oleh pesatnya perkembangan informasi dan teknologi adalah salah satu usaha menciptakan etika bisnis.
4. Menciptakan Persaingan yang Sehat
Persaingan dalam dunia bisnis perlu untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas, tetapi persaingan tersebut tidak mematikan yang lemah dan sebaliknya.
5. Menerapkan Konsep “Pembangunan Berkelanjutan"
Dunia bisnis seharusnya tidak memikirkan keuntungan hanya pada saat sekarang, tetapi perlu memikirkan bagaimana dengan keadaan dimasa datang.
6. Menghindari Sifat 5K (Katabelece, Kongkalikong, Koneksi, Kolusi dan Komisi)
Jika pelaku bisnis sudah mampu menghindari sikap seperti ini, kita yakin tidak akan terjadi lagi apa yang dinamakan dengan korupsi, manipulasi dan segala bentuk permainan curang dalam dunia bisnis
7. Mampu Menyatakan yang Benar itu Benar
Kalau pelaku bisnis itu memang tidak wajar untuk menerima kredit (sebagai contoh) karena persyaratan tidak bisa dipenuhi dan jangan memaksa diri untuk mengadakan “kolusi" serta memberikan "komisi" kepada pihak yang terkait.
8. Menumbuhkan Sikap Saling Percaya antar Golongan Pengusaha
Untuk menciptakan kondisi bisnis yang "kondusif" harus ada sikap saling percaya (trust) antara golongan pengusaha.
9. Konsekuen dan Konsisten dengan Aturan main Bersama
Semua konsep etika bisnis yang telah ditentukan tidak akan dapat terlaksana apabila setiap orang tidak mau konsekuen dan konsisten dengan etika tersebut.
10. Memelihara Kesepakatan
Memelihara kesepakatan atau menumbuhkembangkan Kesadaran dan rasa Memiliki terhadap apa yang telah disepakati adalah salah satu usaha menciptakan etika bisnis.
11. Menuangkan ke dalam Hukum Positif
Perlunya sebagian etika bisnis dituangkan dalam suatu hukum positif yang menjadi Peraturan Perundang-Undangan dimaksudkan untuk menjamin kepastian hukum dari etika bisnis tersebut, seperti "proteksi" terhadap pengusaha lemah.

Etika dalam berbisnis sangatlah penting agar mempererat kerjasama antara satu perusahaan atau lebih, etika tidak hanya untuk antar perusahaan tetapi juga harus terjalin dengan masyarakat sekitar bisnis yang sedang di jalani. Menghindari segala bentuk tindak kecurangan jaga akan meningkatkan keeratan bisnis.

MANFAAT ETIKA BISNIS BAGI PERUSAHAAN

Dewasa ini kalangan bisnis sudah memiliki kesadaran akan pentingnya Etika Bisnis dalam operasi bisnis. Bahkan dalam perkembangannya Etika Bisnis tidak lagi menjadi beban yang terpaksa harus dilaksanakan perusahan melainkan sudah menjadi salah satu strategy pengembangan perusahaan. Karena Tujuan perusahaan dapat didefinisikan sebagai upaya untuk
“memaksimumkan kesejahteraan si pemilik dalam rentang waktu jangka panjang melalui aktivitas penjualan barang dan/atau jasa. Contoh nyata akan manfaat etika bisnis sebagai strategy pengembangan perusahaan misalnya Company Social Responsibility dianggap dapat memberikan keuntungan pada perusahaan dalam bentuk profitabilitas, kinerja financial yang lebih kokoh, menurunkan resiko bentrok dengan lingkungan sekitar, meningkatkan reputasi perusahaan, dll.Etika bisnis bagi perusahaan ini,menyangkut kebijakan etis perusahaan berhubungan dengan kesulitan yang bisa timbul (mungkin pernahtimbul dimasa lalu), seperti konflik kepentingan, hubungan dengan pesaing dan pemasok, menerima hadiah,sumbangan dan sebagainya. Latar belakang pembuatan etika bisnis adalah sebagai cara ampuh untuk melembagakan etika dalam struktur dan kegiatan perusahaan. Bila Perusahaan memiliki etika sendiri,mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan dengan perusahaan yang tidak memilikinya.
Manfaat Etika Bisnis bagi Perusahaan :
1.         Dapat meningkatkan kredibilitas suatu perusahaan, karena etika telah dijadikan sebagai corporate culture. Hal ini terutama penting bagi perusahaan besar yang karyawannya tidak semuanya saling mengenal satu sama lainnya. Dengan adanya etika bisnis, secara intern semua karyawan terikat dengan standard etis yang sama, sehingga akan mefigambil kebijakan/keputusan yang sama terhadap kasus sejenis yang timbul.
2.         Dapat membantu menghilangkan grey area (kawasan kelabu) dibidang etika. (penerimaan komisi, penggunaan tenaga kerja anak, kewajiban perusahaan dalam melindungi lingkungan hidup).
3.         Menjelaskan bagaimana perusahaan menilai tanggung jawab sosialnya.
4. Menyediakan bagi perusahaan dan dunia bisnis pada umumnya, kemungkinan untuk mengatur diri sendiri (self regulation).
5. Bagi perusahaan yang telah go publik dapat memperoleh manfaat berupa meningkatnya kepercayaan para investor. Selain itu karena adanya kenaikan harga saham, maka dapat menarik minat para investor untuk membeli saham perusahaan tersebut.
6. Dapat meningkatkan daya saing (competitive advantage) perusahaan.
7. Membangun corporate image / citra positif , serta dalam jangka panjang dapat menjaga kelangsungan hidup perusahaan (sustainable company).
Etika bisnis perusahhan memiliki peran yang sangat penting, yaitu untuk membentuk suatu perusahaan yang kokoh dan memiliki dsaya saing yang tinggi serta mempunyai kemampuan menciptakan nilai yang tinggi,diperlukan suatu landasan yang kokoh.
Biasanya dimulai dari perencanaan strategis, organisasi yang baik, system prosedur yang transparan didukung oleh budaya perusahaan yang handal serta etika perusahaan yang dilaksanakan secara konsisten dan konsekuen. Karena itu, tindakan perusahaan berasal dari pilihan dan tindakan individu manusia, indivdu-individulah yang harus dipandang sebagai penjaga utama kewajiban moral dan tanggung jawab moral : individu manusia bertanggung jawab atas apa yang dilakukan perusahaan karena tindakan perusahaan secara keseluruhan mengalir dari pilihan dan perilaku mereka. Jika perusahaan bertindak keliru, kekeliruan itu disebabkan oleh pilihan tindakan yang dilakukan oleh individu dalam perusahaan itu, jika perusahaan bertindak secara moral, hal itu disebabkan oleh pilihan individu dalam perusahaan bertindak secara bermoral. Etika bisnis mempunyai prinsip dalam kaitan ini berhubungan dengan berbagai upaya untuk menggabungkan berbagai nilai-nilai dasar (basic values) dalam perusahaan, agar berbagai aktivitas yang dilaksanakan dapat mencapai tujuan. Secara lebih jelas, mekanismenya berjalan sebagai berikut.“Memaksimumkan kesejahteraan si pemilik dalam jangka panjang”, berhubungan dengan dimensi waktu yang relatif panjang serta menyangkut sustainability. Hal ini membutuhkan adanya “kepercayaan” atau “saling mempercayai” (trust) dari berbagai pihak yang berhubungan dengan perusahaan (stakeholders). Kalimat “kesejahteraan pemilik” merupakan derivasi dan perwujudan dari “hak kepemilikan” (ownership) yang muncul dari adanya penghargaan (respect) terhadap “kepemilikan pribadi” (property rights).Haruslah diyakini bahwa pada dasarnya praktek etika bisnis akan selalu menguntungkan perusahaan baik untuk jangka panjang maupun jangka menengah karena :
• Mampu mengurangi biaya akibat dicegahnya kemungkinan terjadinya friksi, baik intern perusahaan maupun dengan eksternal.
• Mampu meningkatkan motivasi pekerja.
• Melindungi prinsip kebebasan berniaga
• Mampu meningkatkan keunggulan bersaing.
Tidak bisa dipungkiri, tindakan yang tidak etis yang dilakukan oleh perusahaan akan memancing tindakan balasan dari konsumen dan masyarakat dan akan sangat kontra produktif, misalnya melalui gerakan pemboikotan, larangan beredar, larangan beroperasi dan lain sebagainya. Hal ini akan dapat menurunkan nilai penjualan maupun nilai perusahaan.
Sedangkan perusahaan yang menjunjung tinggi nilai-nilai etika bisnis, pada umumnya termasuk perusahaan yang memiliki peringkat kepuasan bekerja yang tinggi pula, terutama apabila perusahaan tidak mentolerir tindakan yang tidak etis, misalnya diskriminasi dalam sistem remunerasi atau jenjang karier. Perlu dipahami, karyawan yang berkualitas adalah aset yang paling berharga bagi perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan harus semaksimal mungkin harus mempertahankan karyawannya. Untuk memudahkan penerapan etika perusahaan dalam kegiatan sehari-hari maka nilai-nilai yang terkandung dalam etika bisnis harus dituangkan kedalam manajemen korporasi yakni dengan cara :
• Menuangkan etika bisnis dalam suatu kode etik (code of conduct)
• Memperkuat sistem pengawasan
• Menyelenggarakan pelatihan (training) untuk karyawan secara terus menerus.
 
 
dapat memberikan peringatan kepada nasabah itu dengan cara yang bijak dan tepat.

etika dalam berbisnis

PENGERTIAN ETIKA
Istilah Etika berasal dari bahasa Yunani kuno. Bentuk tunggal kata ‘etika’ yaitu ethos sedangkan bentuk jamaknya yaitu ta etha. Ethos mempunyai banyak arti yaitu : tempat tinggal yang biasa, padang rumput, kandang, kebiasaan/adat, akhlak,watak, perasaan, sikap, cara berpikir. Sedangkan arti ta etha yaitu adat kebiasaan. Arti dari bentuk jamak inilah yang melatar-belakangi terbentuknya istilah Etika yang oleh Aristoteles dipakai untuk menunjukkan filsafat moral. Jadi, secara etimologis (asal usul kata), etika mempunyai arti yaitu ilmu tentang apa yang biasa dilakukan atau ilmu tentang adat kebiasaan (K.Bertens, 2000).
PENGERTIAN BISNIS
Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan. Dalam ekonomi kapitalis, dimana kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Pemilik dan operator dari sebuah bisnis mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu, usaha, atau kapital yang mereka berikan. Namun tidak semua bisnis mengejar keuntungan seperti ini, misalnya bisnis koperatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan semua anggotanya atau institusi pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Model bisnis seperti ini kontras dengan sistem sosialistik, dimana bisnis besar kebanyakan dimiliki oleh pemerintah, masyarakat umum, atau serikat pekerja.
Secara etimologi, bisnis berarti keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melkakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Kata “bisnis” sendiri memiliki tiga penggunaan, tergantung skupnya — penggunaan singular kata bisnis dapat merujuk pada badan usaha, yaitu kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan. Penggunaan yang lebih luas dapat merujuk pada sektor pasar tertentu, misalnya “bisnis pertelevisian.” Penggunaan yang paling luas merujuk pada seluruh aktivitas yang dilakukan oleh komunitas penyedia barang dan jasa. Meskipun demikian, definisi “bisnis” yang tepat masih menjadi bahan perdebatan hingga saat ini.
Definisi Bisnis Menurut Para Ahli :
Huat, T Chwee (1990)
Bisnis dalam arti luas adalah istilah umum yang menggambarkan semua aktifitas dan institusi yang memproduksi barang & jasa dalam kehidupan sehari-hari. Bisnis sebagai suatu sistem yang memproduksi barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan masyarakat (bussinessis then simply a system that produces goods and service to satisfy the needs of our society.
PENGERTIAN ETIKA DALAM BISNIS
Etika bisnis merupakan cara untuk melakukan kegiatan bisnis, yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan dan juga masyarakat. Etika Bisnis dalam suatu perusahaan dapat membentuk nilai, norma dan perilaku karyawan serta pimpinan dalam membangun hubungan yang adil dan sehat dengan pelanggan/mitra kerja, pemegang saham, masyarakat.
Perusahaan meyakini prinsip bisnis yang baik adalah bisnis yang beretika, yakni bisnis dengan kinerja unggul dan berkesinambungan yang dijalankan dengan mentaati kaidah-kaidah etika sejalan dengan hukum dan peraturan yang berlaku. Etika Bisnis dapat menjadi standar dan pedoman bagi seluruh karyawan termasuk manajemen dan menjadikannya sebagai pedoman untuk melaksanakan pekerjaan sehari-hari dengan dilandasi moral yang luhur, jujur, transparan dan sikap yang profesional.
PENERAPAN DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
Pengendalian diri
Artinya, pelaku-pelaku bisnis dan pihak yang terkait mampu mengendalikan diri mereka masing-masing untuk tidak memperoleh apapun dari siapapun dan dalam bentuk apapun. Disamping itu, pelaku bisnis sendiri tidak mendapatkan keuntungan dengan jalan main curang dan menekan pihak lain dan menggunakan keuntungan dengan jalan main curang dan menakan pihak lain dan menggunakan keuntungan tersebut walaupun keuntungan itu merupakan hak bagi pelaku bisnis, tetapi penggunaannya juga harus memperhatikan kondisi masyarakat sekitarnya. Inilah etika bisnis yang “etis”.
Mempertahankan jati diri dan tidak mudah untuk terombang-ambing oleh pesatnya perkembangan informasi dan teknologi
Bukan berarti etika bisnis anti perkembangan informasi dan teknologi, tetapi informasi dan teknologi itu harus dimanfaatkan untuk meningkatkan kepedulian bagi golongan yang lemah dan tidak kehilangan budaya yang dimiliki akibat adanya tranformasi informasi dan teknologi.
Menciptakan persaingan yang sehat
Persaingan dalam dunia bisnis perlu untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas, tetapi persaingan tersebut tidak mematikan yang lemah, dan sebaliknya, harus terdapat jalinan yang erat antara pelaku bisnis besar dan golongan menengah kebawah, sehingga dengan perkembangannya perusahaan besar mampu memberikan spread effect terhadap perkembangan sekitarnya. Untuk itu dalam menciptakan persaingan perlu ada kekuatan-kekuatan yang seimbang dalam dunia bisnis tersebut.
Menghindari sifat 5K (Katabelece, Kongkalikong, Koneksi, Kolusi dan Komisi)
Jika pelaku bisnis sudah mampu menghindari sikap seperti ini, kita yakin tidak akan terjadi lagi apa yang dinamakan dengan korupsi, manipulasi dan segala bentuk permainan curang dalam dunia bisnis ataupun berbagai kasus yang mencemarkan nama bangsa dan negara.
Mampu menyatakan yang benar itu benar
Artinya, kalau pelaku bisnis itu memang tidak wajar untuk menerima kredit (sebagai contoh) karena persyaratan tidak bisa dipenuhi, jangan menggunakan “katabelece” dari “koneksi” serta melakukan “kongkalikong” dengan data yang salah. Juga jangan memaksa diri untuk mengadakan “kolusi” serta memberikan “komisi” kepada pihak yang terkait.
Menumbuhkan sikap saling percaya antara golongan pengusaha kuat dan golongan pengusaha kebawah
Untuk menciptakan kondisi bisnis yang “kondusif” harus ada saling percaya (trust) antara golongan pengusaha kuat dengan golongan pengusaha lemah agar pengusaha lemah mampu berkembang bersama dengan pengusaha lainnya yang sudah besar dan mapan. Yang selama ini kepercayaan itu hanya ada antara pihak golongan kuat, saat sekarang sudah waktunya memberikan kesempatan kepada pihak menengah untuk berkembang dan berkiprah dalam dunia bisnis.
Menumbuhkembangkan kesadaran dan rasa memiliki terhadap apa yang telah
disepakati
Jika etika ini telah memiliki oleh semua pihak, jelas semua memberikan suatu ketentraman dan kenyamanan dalam berbisnis.
Perlu adanya sebagian etika bisnis yang dituangkan dalam suatu hukum positif yang berupa peraturan perundang-undangan
Hal ini untuk menjamin kepastian hukum dari etika bisnis tersebut, seperti “proteksi” terhadap pengusaha lemah.
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Etika_bisnis
http://tanudjaja.dosen.narotama.ac.id/2012/02/06/pengertian-etika-moral-dan-etiket/
http://herina-br.blogspot.com/2011/10/pengertian-bisnis-menurut-para-ahli.html
http://oeyyulia.blogspot.com/2011/11/aplikasi-etika-dalam-kehidupan-sehari.html

Senin, 05 November 2012

1. apa pengertian evolusi menurut anda?
2. apakah anda setuju dengan teori evolusi manusia oleh darwin? kemukakan pendapat anda!
3. jelaskan mekanisme evolusi!
4. apa pendapat anda mengenai teori evolusi lamarck?
5. apakah anda mengalami evolusi? jelaskan!